Selasa, 29 November 2016

Kenapa harus pilih kuliah Sarjana Teknik Informatika di Garut ?


Informatika adalah ilmu, praktik, dan penerapan terkait pengumpulan dan pengolahan data menjadi informasi serta penyebarannya secara otomatis dengan atau tanpa manusia untuk efisiensi waktu, biaya, dan tenaga yang dapat meningkatkan daya saing dan kesejahteraan. Dalam era ekonomi digital sekarang ini, orang atau bisnis yang berhasil adalah yang menguasai dan mengendalikan informasi, di mana informasi merupakan komoditi yang diperjualbelikan dalam industri informasi. Oleh karenanya lulusan Teknik Informatika yang menguasai teori data dan informasi, praktik rekayasa informasi dan perangkat lunak, serta melakukan pengukuran dampak penerapan informatika dan membuat solusinya sangat diperlukan oleh pemerintah, perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga masyarakat, dan lainnya, sehingga lapangan kerjanya senantiasa terbuka dalam jangka waktu yang belum bisa dipastikan. 

Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut berdiri pada tanggal 30 Juni 1998 berdasarkan SK DIKTI no. 261/DIKTI/Kep/1998 dan telah melakukan beberapa kali perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi dengan SK terakhir no. 11007/D/T/K-IV/2012. Medium pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup informatika ini oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dinyatakan sebagai satu-satunya Program Studi Teknik Informatika yang melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (B) di wilayah Priangan Timur berdasarkan SK no. 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013. Hal tersebut ditunjukan dengan sejumlah prestasi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebagian di antara keluaran pembelajaran berwujud prestasi mahasiswa tingkat regional dan nasional seperti Anugerah Inovasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Anugerah Ki Hajar Dewantara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jurnal Algoritma yang merupakan medium publikasi karya penelitian didaulat oleh Google Scholars sebagai salah satu dari 100 Publikasi Terbaik di Indonesia. Dalam wilayah Pengabdian kepada Masyarakat, salah satu dosennya ditetapkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi sebagai Persenter terbaik Nasional dalam Seminar Hasil Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat Mono. Sementara Komunitas TIK Garut yang dibangun dalam rangka pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat didaulat oleh Gubernur Jawa Barat sebagai Komunitas TIK terbaik se Jawa Barat. Hal ini. 

Capaian Tridharma Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut, klik di sini
Girl in a jacket